BAGAIMANA METABOLISME TUBUH YANG KELEBIHAN KARBOHIDRAT / GLUKOSA? bagibagitips.com

sertraline alcohol blackout

sertraline side effects
Bagaimana manusia bisa berlebihan makan karbo/gula? Mari kita lihat prosesnya.
Simpanan tenaga manusia kita ibaratkan tangki bahan bakar, ada tangki karbo yang kecil (hanya sekitar 2000 kalori paling penuh) dan ada tangki lemak yang besarnya bisa puluhan ribu kalori. 

Selanjutnya, jika kita makan makanan yang tinggi karbohidratnya maka setelah dicerna,  semua karbohidrat itu akan menjadi gula di darah. 
Glukosa hasil dari makan karbohidrat bisa berpuluh kali lipat banyaknya daripada gula di darah yang hanya sesendok dua sendok saja dalam 5-6 liter darah. 
Kenaikan gula darah ini berbahaya (ingat saja diabetes), maka tubuh mengerahkan hormon insulin untuk menurunkannya. 
Insulin mengarahkan karbohidrat yang sudah menjadi glukosa ini ke tangki penampungan yang disebut glikogen di otot dan liver. 
Pada tangki glikogen yang di liver hanya muat 100 gram saja, sisa gulanya dikonversi menjadi lemak jenuh alias trigliserida dan diarahkan ke tangki penyimpanan lemak di badan. 

Setelah insulin beraksi, gula darah akan turun bahkan cenderung rendah. Hal ini bikin orang jadi lemas dan ingin kembali makan atau ngemil yang manis-manis.
Insulin menyalurkan gula-gula hasil dari pencernaan karbohidrat ini ke sel-sel tubuh Sepeti otak dan otot untuk segera dibakar atau disimpan.  
Parahnya, selama kadar insulin masih tinggi di tubuh, lemak-lemak yang ada tidak akan digunakan. 
Pembakaran lemak berhenti dan oksidasi lemak jadi terganggu. 
Lemaknya disimpan saja, terpendam dan tertimbun semakin banyak. 

Kalau masih sehat, glukosa sebagai hasil makan karbohidrat akan dibakar di otak dan otot serta disimpan dalam bentuk glikogen di otot. 
Tapi bagi mereka yang sudah berlebihan makan karbo/gula setiap hari selama bertahun-tahun, metabolismenya pasti sudah terganggu. 
Gangguan metabolisme ini membuat gula diarahkan hormon insulin ke liver atau hati dan karena tangki glikogen punya kecil disini (hanya sebagai buffer yang menjaga kadar gula darah), maka terjadilah proses lipogenesis. 
Lipogenesis adalah pembuatan lemak jenuh atau trigliserida dari glukosa. 
Lalu lemak jenuh ini dipacking dengan transpor kolesterol VLDL ke peredaran darah. 
Ujung dari metabolisme yang mulai tidak optimal ini adalah masalah di peredaran darah atau jantung, kelebihan berat badan sampai obesitas, dan diabetes tipe 2. 
Kalau terus makan karbohidrat tinggi padahal hormon insulinnya sudah bermasalah (hiperinsulinemia dan resisten) maka tangki lemak akan semakin membesar, badan menjadi gemuk atau masih kurus tapi lemak darah tinggi dan fatty liver. 
Beresiko obesitas, diabetes, dan serangan jantung. 

Sebut saja namanya Maman. Umur 20-an. Asal dari salah satu daerah  "penghasil" TKI terbesar Propinsi Jawa Barat. Tubuhnya cukup atletis karena sehari-harinya bekerja di sawah membantu ayahnya. Kadang juga nyambih kerja bangunan ikut temannya di kota. Hidup dalam kemiskinan dan melalui hari-hari yang membosankan di kampung, membuat Maman nekat saat diajak temannya untuk bekerja di Arab Saudi. Keinginan Maman hanya satu, ingin punya duit banyak, sehingga bisa hidup layak.

Mimpi indah memiliki banyak uang lebih menjadi bayangan yang mengiurkan, daripada kisah-kisah tragis yang dialami orang-orang di kampungnya. Kisah perkosaan dan membawa janin pulang warga di kampungnya tak sedikit pun  menggetarkan langkahnya. Toh itu dialami oleh para wanita. Pikir Maman.

Dengan biaya dari hasil menjual tanah milik orangtuanya, maka pada hari yang ditentukan oleh agen tenaga kerja, berangkatlah Maman bersama beberapa teman di kampungnya dengan harapan menjulang tinggi akan masa depannya.

Sesampainya di Saudi, betapa senangnya Maman karena tak lama kemudian ia di tempatkan di sebuah rumah majikan yang kaya raya di Jeddah. Maman bekerja membantu mengurus rumah dan kebun indah nan luas. Cocok dengan pekerjaannya di kampung, pikirnya. Menyenangkan.

Bulan pertama tak ada masalah. Gaji lancar dan majikan juga kebetulan jarang di rumah. Karena sebagai pengusaha, majikannya sering berkelana mengurus bisnisnya. Sedang majikan wanita pun banyak  urusan ke luar negeri menikmati hidup.

Maman menikmati pekerjaannya dengan santai dan merasa betah tinggal di rumah yang begitu mewah dan luas. Kebanyakan yang bekerja adalah wanita. Hanya Maman yang berjenis kelamin pria dari beberapa pekerja di rumah itu.

Tetapi kenyamanan Maman menikmati pekerjaan mulai terganggu sejak majikan wanitanya sering berada di rumah. Diam-diam menggodanya. Pandangan-pandang sang majikan menjadi tak biasa.

Suatu hari, dengan alasan untuk membenarkan kerusakan yang ada di kamar mandi majikannya, Maman di paksa untuk melayani nafsu seks majikan wanitanya yang sedang memuncak. Sebagai lelaki, Maman tentu saja memiliki nafsu dan lepas kendali dalam nafsu birahinya.

Tetapi rasa takut membuatnya menjadi tak bergairah seketika. Maman berusaha menghindar karena takut ketahuan majikan prianya, bisa jadi masalah. Namun, majikan wanitanya mengancam, bila Maman tak mau melayani nafsunya, maka Maman akan dituduh telah b

rani masuk ke kamar dan hendak mengganggunya.

Apa boleh buat. Dengan terpaksa Maman harus melayani nafsu birahi majikannya yang begitu buas. Walaupun Maman menikmati, tetapi ia kelelahan juga. Karena hari itu majikannya tidak cukup puas dilayani sekali saja. 'Onderdir' Maman yang masih orisinil membuat majikannya ketagihan.

Sejak itu, Maman harus menjadi budak-budak nafsu bagi majikan wanitanya. Tak sampai disitu, ternyata majikannya juga mengajak beberapa saudara wanitanya untuk menikmati kejantanan lelaki dari Indonesia itu.

Maman benar-benar kelelahan, karena hari-harinya lebih banyak digunakan untuk mengurus kebun pribadi majikan  daripada kebun bunga di sekeliling rumah. Suatu kenikmatan bila dilakukan dalam keadaan normal menjadi penderitaan bagi Maman.

Bukan hanya itu, beberapa saudara majikannya tak ketinggalan meminta servis khusus dari Maman memberikan perawatan kebun pribadinya yang tak terurus karena suaminya sering ke luar kota mengurus bisnis.

Para wanita Arab itu memang begitu puas dengan layanan dari Maman. Tetapi Maman yang menghadapi keadaan demikian, bukannya menikmati lagi. Namun justru menjadi stres karena dijadikan budak seks.

Sampai-sampai burung kesayangannyapun ikut menjadi stres karena keganasan seks para wanita Arab itu, sehingga tidak bisa terbang tinggi lagi. Loyo.

Lalu apa yang terjadi?

Setelah kurang lebih setahun terpaksa Maman dipulangkan oleh majikannya dengan alasan tidak bisa bekerja lagi. Bagaikan habis manis sepah dibuang.

Kasihan Maman, karena ia mengalami stres berat dan sering melamun. Maman pulang kampung masih untung membawa uang cukup banyak. Tetapi kemudian hari-hari suram harus dilaluinya.

Aku hanya bisa bergumam,"Ternyata para pekerjaan kita bukan hanya wanitanya yang dijadikan budak seks di Arab, tak ketinggalan prianya juga! Malang nian Maman?"

Kini, Maman seringkali melewati harinya dengan duduk tersenyum sendiri di beranda rumahnya. Entahlah apa yang sedang dibayangkannya,  sehingga membuatnya senyum-senyum sendiri. Kesenangan hidup yang menjadi dambaan kini hanya menjadi ilusi sambil meratap nasibnya yang tak indah lagi.

Apa yang sedang ada dalam angan-angan Maman? Majikannya di Arab atau burungnya yang tak bisa terbang? Entahlah.....Yang pasti penyesalan sedang menggelayuti hatinya. Tapi apalah arti sebuah penyesalan kini? Hidup selalu tidak seindah yang dibayangkan.

levitra pret farmacie

levitra pret farmacie
Metabolisme optimal adalah beralih dari metabolisme yang mencerna banyak karbohidrat menjadi metabolisme yang berdasarkan lemak. 
Menjadi pembakar lemak sejati. 
Bahkan 98 persen manusia sepanjang sejarahnya (ratusan ribu hingga jutaan tahun yang lalu sebagai manusia purba) menggunakan lemak sebagai bahan bakar utama, hanya baru beberapa tahun terakhir saja manusia mulai mengkonsumsi karbohidrat sejak jaman pertanian. 
Konsumsi karbohidrat yang jadi gula menimbulkan banyak masalah selain di metabolisme, kelebihan berat badan, sampai diabetes. 
Metabolisme karbo menghasilkan radikal bebas yan menekan daya tahan tubuh serta merugikan kesehatan dan ROS (reactive oxygen species) yang bisa merusak DNA, protein juga lemak, sel-sel, enzim, menyebabkan tumor serta kanker.

Metabolisme yang berbahan lemak akan menghasilkan keton sebagai pengganti glukosa dan menurunkan ROS pada proses pembakaran tenaga di mitokondria dalam sel-sel. 
Menjadi pembakar lemak berarti mengurangi resiko kelebihan berat badan atau metabolismenya kacau, dan menghindari diabetes. Badan jadi lebih fit dan aktif!



Wikipedia SiteWide Iklan Baris
wisata abeliva furniture